Membuat Hello world! di C++

Gambar dari www.web3d.org/x3d/content/examples/HelloWorld.tall.png
Hallo, selamat datang di mbs-life.blogspot.com , kali ini saya akan memberikan tutorial cara membuat program hello world dan input output sederhana, sebelumnya kita sudah membahas memulai dan mempersiapkan untuk pemrograman c++ dan pasti anda sudah menginstall codeblocks. pada kesempatan kali ini kita akan membuat program helloworld.

Membuat Program Hello World! di Codeblocks

sebenarnya kalau kalian menggunakan codeblocks, yang sudah saya bahas di pos sebelumnya, setiap kali kamu membuat project di codeblocks, pasti codeblocks akan membuat hello world secara otomatis, jadi tujuan dari tutorial ini sebenarnya adalah memberi tahu kalian cara membuat project di codeblocks :D.
  1. Buka Codeblocks kalian, jika belum punya silahkan baca tutorial ini. 
  2. Klik File pada PKS (pojok kiri atas :D)>New>Project. 
  3. Pilih console application, dan klik GO.
  4. Plih Bahasa C++, dan klik NEXT. 
  5. ganti pada bagian project title , kamu bisa mengisi sesuka mu (punya saya helloworld), jika kmau mengisi ini maka project filename akan otomatis terisi, usahakan tidak usah memakai spasi (contoh hello world).klik next 
  6. compiler pilih saja GNU GCC Compiler dan finish.
  7. Jika kode belum terlihat di text editor(sebut saja begitu :D), klik saja pada bagian managemen software>{nama project mu}>sources>main.cpp. 
  8. maka akan terlihat seperti ini, bagian yang saya linkari dengan merah adalah, kode hello world, dan klik tombol build and run 
  9. jika sudah selesai, maka akan terlihat jendela console yang mengeluarkan tulisan Hello world!. dan selamat anda berhasil !!!!! :D

Jadi Bagaimana Cara Kerja dari Hallo world! ini?

sederhana kan Cuma 10 line :D??? mari kita lihat apa aja yang ada didalamnya dan apa maksud dari source code nya.

Jadi Bagaimana Cara Kerja Program Hallo World ini


Line 1 : “#include <iostream> “

Disebut dengan preprocessor directive , selalu dimulai dengan tanda hastag/pagar(#), ini seperti file/library yang dibutuhkan(contoh diatas adalah iostream) sebelum mencompile suatu program, file/library yang dibutuhkan tidak harus ditulis diantara tanda <>, kalian juga bisa menggantinya dengan “”, pada program ini membutuhkan iostream untuk melakukan “cout”, maka dari itu jika anda menghapus bagian ini anda tidak bisa mengcompile program ini, karna compiler pasti tidak akan mengetahui apa itu “cout”.

Line 3 : “using namespace std;”

Fungsi dari namespace pada umumnya untuk menghindari tumbukan antar fungsi, karena jika program mu membutuhkan banyak library, pasti akan ada tumbukan terutama jika mempunyai nama yang sama. namespace sebenarnya optional, jika kalian menulis program ini tanpa namspace std, maka line 7 harus kalian ganti menjadi std::cout << ”Hello world!” <<std::endl;. Inilah kegunaan lain dari namespace itu dapat mempermudah kamu dalam memprogram, karna sudah pakai namespace std kalian tidak perlu menambah std:: 

Line 5 : fungsi main “int main {....body....}

kalian sebenranya bebas menambah fungsi lain di c++, akan tetapi source c++ tidak bisa di compile tanpa fungsi main, karna fungsi ini adalah fungsi awalan-akhir program, jadi program kalian berjalan pada awal fungsi main dan berakhir pada fungsi ini juga (diantara tanda {}).

Line 7 : Statment “cout << “helloworld” <<endl;”

Pada line 7, program anda akan melakukan cout, yaitu mengeluarkan/menulis output berupa string “Hello world!” dan diakhiri dengan endl yang berfungsi; untuk newline atau ke baris baru (kalo di text editor kalian pencet enter :D)

line 8 : “return 0;”

karna fungsi main adalah fungsi int maka harus mengeluarkan output berupa int, dan return 0 biasanya digunakan program untuk menandakan bahwa program itu berjalan dengan baik.

Hal yang perlu diperhatikan :

  1. Nomor di samping kiri (urut dari atas ke bawah 1-10) saya sebut line, biar mudah dimengerti. 
  2. setiap statement selalu diakhiri dengan semicolon (;) (preprocessor &fungsi tanpa diakhiri semicolon). 
  3. C++ itu case sensitive penggunaan huruf besar/kapital itu berpengaruh coba kalian ganti cout menjadi Cout, pasti tidak bisa di compile (untuk program ini).
  4. C++ tidak peduli dengan banyaknya spasi(memang perlu spasi tapi 1spasi dan 2spasi tidak terlalu berpengaruh di c++), misal saya buat "cout                         <<            "Hello World"   <<endl;" akan tetap tercompile dan menghasilkan program yang sama.
  5. tentang tipe data int,string dll dapat kalian baca di post berikutnya.
akhir kata terimakasih sudah mengunjungi blog saya, maaf jika masih kacau, mohon kritik dan sarannya ^_^.
Sekian dan terimaksih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Download Driver TV tuner di windows 8

Cara menkonversi bilangan Desimal ke biner,oktal,hexadecimal dan sebaliknya

Cara mudah menginstall minGW offline