Memulai Untuk Belajar C++ untuk pemula


Halo, kali ini saya akan membahas tentang c++, tutorial ini sangat cocok bagi kamu yang ingin memulai dalam dunia pemrograman, dan pastinya kalian sudah tau cara mengoprasikan komputer :D.

Pengantar ke pemrograman (basa-basi)

ketika kita bicara tentang pemrograman kita pasti tidak lepas dari Algoritma, atau mudahnya cara berpikir, karna ketika kita membuat program itu sama saja membuat suatu metode dan metode itu akan dikerjakan oleh komputer(mungkin simple nya seperti itu :D ), sebagai contoh: menghitung luas persegi : pertama kali kita harus tau berapa panjang sisi, kemudian kita menghitung luas; metode seperti ini jika kita tulis di c++ maka akan menjadi seperti ini (kiri adalah c++, kanan adalah yang sudah jadi/tercompile) :



dalam membuat program punya beberapa tahapan :

  1. koding atau membuat program dengan bahasa pemrograman, dalam koding kita akan membuat source code. 
  2. tahapan compile, setelah koding program kita belum bisa menjalankannya di komputer, maka dari itu perlu dilakukan compile source kita yang isinya bahasa pemrograman bisa diubah menjadi bahasa komputer.
Sebenarnya kita masih harus debugging dst, tapi simpan saja itu untuk nanti :D.

Menginstall IDE Codeblock

IDE atau Intergrated Development Environment sangat penting dalam membuat program walaupun kenyataannya kita bisa menggunakan program text editor apa saja buat koding dan mencompile nya, akan tetapi dengan menggunakan IDE akan membantu dan mempermudah kita dalam membuat program, setelah kita selesai ngoding kita bisa langsung compile program kita, karena bisanya di dalam IDE sudah disediakan compiler. Berikut ini adalah cara menginstall IDE yaitu Codeblock.

Download Program Codeblock
saya saran kan kamu download versi codeblock beserta minGW tapi bukan yg TDM-GCC (yang belakangnya ada minGW contoh : “codeblocks-13.12mingw-setup”).
dalam penginstallanya tidak terlalu sulit, cukup kamu pilih next terus saja :D, jika sudah selesai mari kita Menyetel Path Environment Variable.

Menyetel Path Environment Variable di windows

Sebenarnya ini tidak terlalu penting, tapi jika anda ingin jadi lebih greget, koding di notepad bawaan windows dan di compile, kamu harus menyetel path environment. (saya pakai windows 8)
  1. Buka system properties (tekan tombol logo windows + pause|break di keyboard) 
  2. pilih advance system setting. 
  3. Pilih tab advance lalu pilih Environment Variables... 
  4. Kamu edit bagian path
  5. pada variable value tambahkan JIKA tidak diakiri dengan titik koma (;) tambahkan titik koma lalu, tambahkan (tanpa tanda kutip) “lokasi_mu_menginstall_codeblock\MinGW\bin” contoh milik saya “C:\Program Files (x86)\CodeBlocks\MinGW\bin” 
  6. jika sudah selesai klik OK. 
  7. sekarang saatnya mencoba apakah berhasil atau tidak, buka command prompt (tekan logo windows + R di keyboard lalu tulis CMD) jika sudah membua command prompt tulis (tanpa tanda kutip) “g++” jika berhasil maka akan seperti ini. 
Jika masih gagal, coba kamu cek variable value kamu tadi.

Sekian postingan saya kali ini, jika ada salah saya minta maaf dan mohon kritik + sarannya, jangan lupa post komentar dan kapan-kapan main ke blog ini lagi :D

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Download Driver TV tuner di windows 8

Cara menkonversi bilangan Desimal ke biner,oktal,hexadecimal dan sebaliknya

Cara mudah menginstall minGW offline