3 Distro Linux yang cocok bagi pemula 2015

Gambar dari wikipedia.org
Sudah pernah denger tentang Linux?? Linux adalah sistem operasi bertipe UNIX, Linux ini bersifat Open Source dan Gratis(sebut saja kedua ini bebas)). Apa itu Open Source??? Program yang Open Source dapat kita Salin, Sebarluaskan,dan mengubah Source Code nya, bandingkan dengan windows yang tidak, kita tidak dapat menyalin, menyebarluaskan, apalagi mengubah Source Code Windows.

Jadi Apa Itu Distro Linux?? Linux adalah sistem operasi yang bebas, jadi semua orang dapat mengembangkan sistem operasi berbasis linux, ini lah yang disebut distro, distro adalah sistem operasi(Linux) beserta aplikasi / software-software nya, jadi dengan menginstall Linux dalam bentuk Distro Linux kita bisa lebih mudah, karena bagi pemula seperti saya pasti akan kerepotan jika harus menginstall linux dari mencompile kernel, menginstall software management (deb/rpm atau lainnya) , menginstall desktop environment dst.
Berikut ini adalah 3 Distro Linux yang cocok bagi Pemula.

Ubuntu

Ubuntu Dengan Unity
Ubuntu adalah sistem operasi berbasis debian yang disponsori oleh Canoncial Ltd. Nama Ubuntu berasal dari filosofi dari Afrika Selatan yang berarti "kemanusiaan kepada sesama". Ubuntu sangat cocok bagi kalian, karena begitu kalian menginstall ubuntu kalian akan langsung memiliki Program Office, Desktop Environment yang ramah, biasanya langsung support modem, network adapter jadi kalian bisa melakukan install software dari Ubuntu Software Center atau langsung lewat terminal dan mendownload software yang kalian inginkan, ubuntu tersedia dengan banyak versi desktop environment Ubuntu(unity),Kubuntu(KDE),Lubuntu(LXDE),Xubuntu (Xfce), ubuntu-MATE dsb, dan terdapat juga versi LTS/ Long Term Support (sesuai namanya versi ini akan disupport dalam waktu yang lama). Saya rekomendasikan anda menggunakan Ubuntu saja, tapi jika hardware komputer anda tidak terlalu tangguh, pakai saja Lubuntu karena versi ini sangat ringan.

Anda dapat mendownload ubuntu disini: Ubuntu Kubuntu Xubuntu Lubuntu Ubuntu-MATE

Linux Mint

Linux Mint Dengan Cinnamon
Linux mint sebenarnya adalah turunan dari ubuntu, jadi mungkin tidak perlu saya jelaskan panjang lebar, kelebihan dari Linux Mint ini menurut saya adalah: Linux Mint menyediakan versi OS besera codec nya, ini sangat memudahkan karna dulu masalah pertamakali saya mulai memakai linux, saya tidak bisa memutar lagu mp3 saya karna di ubuntu tidak disertakan codec, linux mint juga memiliki banyak versi desktop environment seperti cinnamon,MATE,KDE dan Xfce.
Download Linux Mint

Elmentary OS

Masih dengan turunan Ubuntu, Elmentary OS adalah distro yang menurut situs linux.com mempunyai tampilan paling cantik, Distro ini menggunakan UI yang mereka namai Panteon. Ini sangat cocok bagi kalian yang tidak suka selalu membuka terminal, dan tentunya menyukai desktop yang tampilannya bagus . Dan spoiler tampilannya mirip mac :D

Download Elmentary OS


Itulah 3 Distro Linux yang cocok untuk pemula / pendatang baru, sekian post saya hari ini, jika banyak kurangnya saya minta maaf dan mohon kritik dan sarannya.


Sumber :
wikipedia.org
linux.com
elementary.io

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Download Driver TV tuner di windows 8

Cara menkonversi bilangan Desimal ke biner,oktal,hexadecimal dan sebaliknya

Cara mudah menginstall minGW offline