Media penyimpanan ini bisa menyimpan data sampai 360TB

Apa yang kamu lakukan ketika memiliki Media penyimpanan sampai 360TB?? apa yang pengen kamu simpan di dalamnya?? Koleksi lagu, anime, game, bok,,,ehh salah. Pasti gak kebayang apa yang pengen kita simpen didalamnya kan??? Beberapa Peneliti dari University of Southampton’s Optical Research Center telah menemukan metode mutakhir yang dinamai 5D disc

Bahkan para Peneliti tersebut telah menyatakan bahwa media penyimpanan ini secara teoritis dapat menyimpan data sampai 360TB, dan disamping itu media penyimpanan ini dapat bertahan pada suhu sampai 1000°C, dan dapat bertahan selama 13.8 Milyar tahun pada suhu ruangan, ini tentunya dapat menjadi alternatif untuk mengarsipkan dokumen-dokumen penting negara atau pun dokumen penting bagi umat manusia seperti Universal Declaration of Human Right(UDHR), Magna Charta, Newton's Opticks dan Kitab-kitab suci agama.

Baru baru ini salinan dari UDHR telah dikirim ke UNESCO oleh ORC(Optical Research Center), dokumen ini ditulis dengan menggunakan Laser yang sangat cepat, yang akan membuat titik-titik yang sangat kecil dalam sekala nano pada 3 lapisan disc, dan informasi ditulis secara 5 dimensi yaitu kuat,lemah cahaya yang dipantulkan dan lokasi titik-titik tersebut di ruangan 3D(xyz) , Berbeda dengan disc biasa seperti cd/dvd mereka menyimpan informasi secara 2 dimensi yaitu dengan apakah suatu titik akan memantulkan cahaya jika disinari, yang kemudian melambangkan 1 jika dipantulkan 0 jika tidak,inilah yang membuat 5D disc sangat padat dan dapat menyimpan data sampai 360TB jika memiliki ukuran yang sama dengan disc biasa.

Berikut ini adalah video proses penulisan data ke 5D disc

Sumber :
University of Southampton UK
The Verge

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Download Driver TV tuner di windows 8

Cara menkonversi bilangan Desimal ke biner,oktal,hexadecimal dan sebaliknya

Cara mudah menginstall minGW offline